Sabtu, 26 Oktober 2013

KOORDINASI YANG EFEKTIF

4
Koordinasi dan hubungan kerja merupakan faktor dominan di dalam kehidupan organisasi. Oleh sebab itu koordinasi dan hubungan kerja harus secara terus menerus selalu ditingkatkan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi secara optimal. Sebagaimana diketahui bahwa setiap individu-individu dan organisasi memiliki tujuan. Untuk mencapai tujuannya orang-orang atau bagian-bagian yang tergabung di dalam organisasi dan pihak -pihak yang terkait dengan pencapaian tujuan, melakukan koordinasi dan hubungan kerja. Dalam era globalisasi dimana kepentingan individu dan juga organisasi semakin kompleks, sehingga tidak satupun unit kerja atau organisasi yang dapat mencapai tujuan tanpa melakukan koordinasi dan hubungan kerja dengan unit kerja yang lain.
Kegiatan koordinasi dan hubungan kerja dalam organisasi merupakan bagian integral. Manusia sebagai salah satu sumber daya organisasi, sering ditunjuk sebagai faktor utama jika terjadi suatu kegagalan dalam pencapaian tujuan organisasi. Begitu banyak alasan yang bisa dipakai justifikasi terhadap upaya peningkatan peran sumber daya manusia dalam organisasi seperti mengubah manusia, walaupun hal tersebut tidak semudah mengubah tata ruangan kantor, karena manusia mempunyai keinginan-keinginan sebagaimana mahluk hidup yang punya kewajaran.
Kegiatan koordinsi dan hubungan kerja dalam organisasi merupakan bagian integral dan komperehensif dalam mencapai tujuan organisasi. Hubungan kerja antara bagian atau antara orang-orang yang tergabung dalam organisasi menjadi hal yang sangat penting. Agar koordinasi dan hubungan kerja dapaat dilaksanakansecara optimal dan memperhatikan aspirasi dari bawah. Dan dapat menciptakan bentuk yang memadai dengan memperhatikan indikatornya. Pada prinsipnya koordinasi harus didukung semua pihak baik atasan maupun bawahan. Koordinasi juga harus dimulai sejak perumusan awal sampai tujuan organisasi dapat tercapai.
http://achmadyanu.com/?p=255#comment-180

Tidak ada komentar:

Posting Komentar