Minggu, 27 Oktober 2013

KAJIAN LOGO MEREK MOBIL DUNIA

Dewasa ini, kendaraan menjadi sebuah kebutuhan yang mendesak bagi kehidupan sehari-hari dalam mendukung mobilitas manusia, sehingga banyak produsen mobil yang berlomba-lomba untuk menciptakan mobil berkualitas. Merek mobil dunia memiliki ciri khasnya masing-masing seperti logo. Pertanyaannya adalah makna apa yang sesungguhnya muncul dari logo merek mobil dunia atau bahkan mendasari perancangan logo merek tersebut.

MERCEDEZ BENZ
Dalam logo merek mobil yang tergolong mewah ini memiliki tiga komponen bintang yang bermakna unik. Tiga bintang itu menunjukkan ambisi dari Gottlieb Daimler untuk mendapatkan kejayaan dalam tiga aspek yaitu darat, laut dan udara. Logo itu pertama kali muncul pada tahun 1870 saat Daimler mengirim kartu pos untuk istrinya dan menggambarkan logo tiga bintang itu untuk mewujudkan keinginannya melihat tiga bintang penunjuk di atas semua pabrik mereka.

BMW
Meskipun telah lama diasumsikan bahwa logo BMW merupakan representasi dari rotasi baling-baling, yang sebenarnya telah terbukti sebagai mitos. Kisah nyatanya adalah bahwa ketika BMW muncul sebagai akibat dari restrukturisasi Rapp Motorenworke, BMW ingin mempertahankan dinamika logo Rapp dan tata letak. Selain itu, warna biru dan putih adalah warna dominan dari bendera Bavaria. Oleh karena hal itu lah logo BMW terbuat.

LAMBORGHINI
Salah satu mobil dunia yang paling diminati ini memiliki cerita yang sangat unik dibalik logo brand mereka. Pada awal tahun enam puluhan, Ferruccio Lamborghini menghabiskan waktu dengan Don Eduardo Miura, seorang peternak dari benteng pertempuran Spanyol, di rumahnya di Seville. Ternyata hewan-hewan tersebut memberikan efek tersendiri bagi Lamborghini. Oleh karena itu Ia memutuskan bahwa logo perusahaannya menampilkan benteng mengamuk.

FERRARI
Kuda elegan yang sedang jingkrak hampir langsung dikenali sebagai simbol bagi produsen eksotis Italia ini. Namun, kuda jingkrak tersebut sebenarnya dicat pada badan pesawat dari pesawat tempur Italia selama Perang Dunia I. Ibu dari pilot pejuang heroik meminta Enzo Ferrari untuk menempatkan kuda jingkrak pada semua mobil nya. Dia menyatakan bahwa itu akan membawa keberuntungan. Hampir 100 tahun kemudian, itu masih ada, pada latar belakang-warna kuning berani Modena.

VOLVO
Lambang Volvo sebenarnya merepresentasikan simbol Mars, yang juga melambangkan Dewa Perang. Tapi, bagaimana hal tersebut terkait dengan Volvo atau mobil? Nah, ini juga menjadi simbol hubungan antara God of War dan senjata logam yang dibangun waktu itu yaitu besi. Simbol ini ditafsirkan sebagai maskulin. Karena sejak awal, pendiri Volvo menginginkan simbol kekuatan untuk mobil mereka.

CHEVROLET
Lambang “bowtie” pada logo Chevrolet sangat mewakili salah satu dari tiga besar dalam mobil dunia buatan Amerika ini. Tetapi, apakah Anda tahu? Sebenarnya logo ini berasal dari luar Amerika. Lambang Bowtie ini pertama kali digunakan pada tahun 1914 pada desain wallpaper di kamar hotel Perancis tempat William Durant tempati.

Kini, kita tidak hanya sekedar mengagumi kehebatan mobil-mobil hebat tersebut, namun pada aknhirnya dapat diketahui juga hal-hal yang ada dibalik logo merek mobil dunia.
http://achmadyanu.com/?p=48#comment-286

Tidak ada komentar:

Posting Komentar